Beranda > Dasar Kriptografi > Berkenalan dengan Kriptografi

Berkenalan dengan Kriptografi

Adegan dalam National Treasure 2 , Riley sedang melakukan dekripsi sandi Playfair

Pernah menonton film National Treasure 2 ? Di sana ada sebuah scene dimana sedang berusaha melakukan proses pemecahan sandi Playfair yang digunakan oleh tentara Inggris semasa Perang Dunia II. Nah, Playfair yang kita sebut barusan adalah salah satu dari banyak sistem sandi yang pernah digunakan, atau bisa kita sebut Kriptografi.

Apa sih kriptografi itu ?

Kriptografi merupakan serapan dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 suku kata : cryptos dan logos , dimana cryptos ini berarti menyembunyikan/merahasiakan, dan logosyang berarti ilmu. Dalam buku ” Applied Cryptography ” yang ditulis oleh Bruce Schneier, Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita.

Apa fungsi kriptografi itu sebenarnya ?

Simpelnya seperti ini. Ada 2 orang, sebut saja bernama Fandi dan Sarah, sedang melakukan sebuah komunikasi.

Fandi dan Sarah ingin saling berkirim pesan

Fandi mengirimkan sebuah pesan yang sangat rahasia dan ingin hanya Sarah saja yang tahu apa isi dalam pesan tersebut, bagaimanapun caranya.  Tetapi, diantara mereka ada orang yang ingin mengetahui isi pesan Fandi tersebut.

Ada pihak ketiga yang ingin mengetahui isi pesan Fandi

Resikonya adalah, karena pesan Fandi ini diberikan tidak secara langsung oleh Fandi sendiri kepada Sarah dan melalui kurir, maka kemungkinan besar Mr. ? akan menyamar menjadi kurir tersebut, atau berusaha mencuri pesan tersebut dari kurir yang Fandi titipkan pesan padanya. Nah, bagaimanakah caranya agar pesan ini tidak diketahui Mr. ? tersebut, walaupun pesan yang Fandi berikan kepada Sarah jatuh kepada Mr. ?

Jawabannya adalah : Fandi merahasiakan pesan tersebut dengan cara mengubahnya menjadi SANDI.

Disinilah salah satu fungsi dari Kriptografi, yaitu bagaimana membuat agar pesan tersebut tidak diketahui oleh pihak yang tidak berwenang.

Nah, disini , agar Fandi dan Sarah dapat mengetahui isi pesan yang disandi tersebut, maka mereka membuat sebuah kesepakatan mengenai langkah – langkah penyandian dan langkah – langkah membuka sandi dengan kunci yang digunakan untuk penyandian juga sudah ditentukan oleh mereka, sehingga hanya mereka berdua lah yang tahu dan punya kuncinya untuk membuka “gembok”dari pesan tersebut, sehingga Mr. ? yang tidak punya kunci , tidak bisa membuka pesan tersebut, hehehe.

Pesan telah disandi dan siap dikirim kepada Sarah

Mungkin kita juga sudah pernah mempelajari Morse, Semaphore, dan lain – lain ? Nah itu juga termasuk salah satu aplikasi kriptografi di dalam dunia, terutama dalam zaman perang.

Nah semoga bermanfaat, berikutnya kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai kriptografi ini 😀

  1. 10 Maret 2015 pukul 15:03

    Bang, di PP No.82 2012 pasal 57 ayat 2 dijelaskan: Pemilihan teknik kriptografi yang diterapkan pada Digital Signature harus mengacu pada ketentuan/standar kriptografi yang berlaku sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Nah Perpu yg membahas standar kriptografi itu perpu yang mana?

    • 4 Juni 2015 pukul 10:40

      Untuk saat ini standar kriptografi pada PP tersebut belum ada aturan turunannya. Namun untuk mengantisipasi, silakan menggunakan standar yang digunakan di internasional seperti dari NIST 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar